Seandainya Kita di Vulkan - Th!ngs Fiction Issue

Kolaborasi dukun dan jin Zombi di Th!ngs Magazine edisi ini agak istimewa. Merupakan proyek ngarang-ngarang riset. Sebuah tribut untuk almarhum Leonard Nimoy. 





Air yang tumpah dari bejana Aquarius ngalir ke sungai yang namanya Eridanus. Vulkan adalah planet yang berada di setitik alirnya.

Sama seperti kita, Si Vulkan punya semacem tata surya. Uniknya dia nggak punya bulan. Di rangkaian zodiak kita, bulan ngerepresentasiin emosi. Jadi, ini cukup ngejelasin kenapa orang-orang Vulkan di serial Star Trek – salah satunya Mr. Spock – terkenal sebagai makhluk-makhluk logis dan nggak ribet sama perasaan.

Matahari di Vulkan disebut Keid A. Bersama dua bintang kecil yang disebut Keid B dan Keid C, dia ngebentuk sebuah bidang yang bikin kita bisa ngeliat zodiak apa aja yang dilintasin planet Vulkan. Tapi karena Vulkan porosnya tegak lurus, nggak miring-miring kayak kita, dia jadi nggak punya musim. Akibatnya, sistem penanggalan dan zodiaknya jadi nggak singkron. Kalender di Vulkan geser-geser terus kayak Lebaran, jadi nggak bisa dipake untuk netepin periode zodiak.

Nah. Vulkan ngelewatin 13 zodiak + 1 periode kosong tanpa zodiak. Di Th!ngs Magazine edisi fiksi ini, kita berandai-andai. Kira-kira kayak apa karakter tiap zodiak yang dilintasin Vulkan? Dan seandainya kamu di Vulkan, kamu paling mirip sama yang mana …?

Sekali lagi, karena Vulkan nggak punya bulan, nggak ada satu pun karakter yang emo. Emo Lerian. 



Sextans
Nama Sextant diambil dari alat untuk ngukur posisi bintang. Jadi, mereka yang bernaung di bawah zodiak ini sifatnya penuh perhitungan. Mereka selalu ngeliat jauh ke depan dan ngukur segala kemungkinan secermat-cermatnya.

Antlia
Namanya, sih, kedengeran cantik. Tapi kamu tau nggak apa itu Antlia sesungguhnya? Pompa ban. Jadi, ketika para Vulkan semangatnya kempes, mereka yang bernaung di bawah zodiak ini hadir sebagai pemompa semangat. Semacem motivator gitu kira-kira.

Carina
Carina adalah lunas kapal, semacem penopang yang bikin kapal jadi lebih seimbang. Seperti Carina, mereka yang bernaung di bawah zodiak ini berfungsi sebagai penyeimbang. Para Carina diplomatis dan ngeliat banyak hal nggak cuma dari satu sisi.

Chameleon
Chameleon alias bunglon, adalah binatang yang pinter berkamuflase. Dari antara semua zodiak di Vulkan, mereka adalah yang paling pinter menyesuaikan diri. Mereka gampang bergaul dan bisa nyambung sama siapa aja.

Octans
Sama seperti Sextans, Octans adalah alat pengukur bintang. Kemampuan ukur Octans nggak sejauh Sextans karena dia lebih kecil. Jadi, mereka yang bernaung di bawah zodiak Octans juga penuh perhitungan, tapi untuk hal-hal yang sifatnya jangka pendek dan lebih spesifik.

Tucana
Burung Tukan cantik dan warna-warni. Tapi dibalik kecantikannya, terkandung hasrat untuk ngerampok telor burung-burung yang lebih kecil. Mereka yang lahir di bawah zodiak ini cakep-cakep, tapi klepto. Jadi, ati-ati ya, sama kaum Tucana ini …

Grus
Di salah satu puisi liris Yunani, “Ibycus”, Grus adala sekelompok bangau putih yang ngebantu Ibycus ngejer perampok. Mereka jugalah yang akhirnya bikin si perampok nyerah dan ngaku. Jadi, mereka yang bernaung di bawah zodiak Grus ini cocok kerja di dalem tim dan tipe karakternya nggak gampang nyerah.

Piscis Austrinus
Piscis Austrinus adalah ikan yang minumnya air dari bejana Aquarius. Jadi, mereka yang bernaung di bawah zodiak ini, paling bisa nerjemahin ide-ide ajaib para Aquarius ke tatar praktis. Sebagai info, Piscis Austrinus ini mamahnya ikan kembar yang jadi lambangnya Pisces, lho.

Aquarius
Aquarius di Vulkan nggak jauh beda sama Aquarius di bumi. Mereka eksentrik, punya banyak ide yang seringkali di luar mainstream, dan karakternya kuat. Di Vulkan, mereka gampang bersahabat dengan kaum Piscis Austrinus.

Pegasus
Pegasus adalah kuda putih bersayap. Dia dijinakin Perseus dan akhirnya dipake untuk nyelametin Andromeda. Mereka yang bernaung di bawah zodiak ini punya kemampuan istimewa sekaligus jiwa pengabdi. Para Pegasus mempersembahkan kemampuan istimewanya untuk ngegenapin misi dari sosok yang udah “ngejinakin” mereka.

Lacerta
Lacerta adalah kadal. Salah satu keterampilan kadal adalah autotomi. Mereka bisa mutusin ekor mereka gitu aja kalau ketangkep sama musuh, terus … lari, deh. Mereka yang lahir di bawah zodiak Lacerta ini gampang move on. Mereka jarang terlibat masalah pelik karena easy going banget. Apa-apa dibawa enteng dan nggak pernah dipikirin.

(Kosong)
Mereka yang lahir di bawah zodiak ini bisa dibilang sial, bisa dibilang untung. Ketika lahir, mereka nggak punya karakter dasar. Tapi karena itulah para “kosong” ini bisa dengan mudah dibentuk jadi karakter apapun.

Leo Minor
Seperti umumnya anak-anak, Leo Minor atau singa kecil seneng ngeksplor dan berjiwa bebas. Seperti singa besar, mereka juga seneng bertualang dan punya banyak energi. Tapi karena “minor”, natur mereka bukan pempimpin.

Leo
Karakter kaum Leo di Vulkan mirip-mirip sama Leo di bumi, cuma minus emosi. Leo di Vulkan berjiwa pemimpin, ambisius, dan bisa jadi manager lapangan yang baik. Mereka siap berimprovisasi kalau kondisi di tempat nggak sesuai dengan yang udah direncanain.

***

Setelah ngebaca 13+1 zodiak Vulkan versi Zombi, coba tebak juga kira-kira Mr. Spock paling mirip sama yang mana? Terus kalau kamu, mirip yang mana?

Constellation edisi ini sengaja didedikasikan untuk Leonard Nimoy (26 Maret 1931 – 27 Februari 2015). Ia berperan sebagai Mr. Spock sejak tahun 1966 hingga 2009. Ia pun menciptakan sendiri beberapa karakter yang menjadi trade mark Spock, antara lain salam Vulkan dan nerve pinch.

Fiksi dan fakta nyaris kehilangan batas. Maka Leonard Nimoy yang fana menjadi abadi dalam sosok Mr. Spock yang maya…

“Live long and prosper …”

Comments