PMS - Pre Menstrual Sodiak - Th!ngs edisi Woman Issue

Zodiak Gembira yang merupakan kolaborasi Sundea dengan ilustrator Rukmunal Hakim. Sepanjang tahun 2015 ini, mengisi rubrik constellation di Th!ngs Magazine.


Semua cewek PMS suka marah-marah? Belum tentu. Emosional, sih, iya, tapi nggak selalu ekspresi emosinya marah-marah.



Di edisi ini, Zombi bakal nyeritain karakter-karakter cewek PMS berdasarkan sodiak (iya, sodiak, biar “s”). Silakan dicocokkan dengan diri sendiri, orang-orang di sekitar kamu, atau pacar tersayang. Nggak cuma kesereman-keseremannya, Zombi juga nawarin cara ngatasinnya. Boleh dicoba, lho, sapa tau manjur. Manjur terus, pantang mundur!





Aries (21 Maret – 20 April)



Aries adalah sodiak berunsur api dengan kualitas kardinal (paling kuat). Ketika PMS, cewek-cewek Aries biasanya jadi galak banget. Apapun bisa bikin mereka meledak, dan belum tentu jelas juga alesannya.



Cara ngatasinnya:

Jangan diambil hati. Sekasar apapun makiannya, they didn’t mean it. Biasanya ledakannya juga cuma sebentar, kok. Kalau kamu nggak tahan banget, melipir aja dulu bentar sampe PMS doski reda.



Taurus (21 April – 20 Mei)



Sekalipun ekspresinya mungkin nggak semeledak-ledak Aries, ketika PMS cewek Taurus juga cenderung marah-marah. Ada aja yang bikin mereka kesel, terutama kalau berkaitan sama kelangsungan rencana mereka.



Cara ngatasinnya:

Taurus peka sama sentuhan. Ketika PMS mendera, jangan debat mereka. Cukup peluk yang anget atau pegang tangannya dengan lembut. Niscaya kemarahan Neng Taurus bakal mereda J



Gemini (21 Mei – 20 Juni)



Ketika PMS, fluktuasi emosi sodiak berlambang anak kembar ini sungguh tak jelas. Sebentar sedih, sebentar marah, sebentar galau, teruuus berubah-ubah. Pemirsa mungkin pusing nontonnya.



Cara ngatasinnya

Diemin aja. Kalau ditanggepin kamu stress sendiri, lho. Anggep aja mereka radio yang lagi cari tune yang pas, makanya ganti-ganti mood terus dan kemeresek-kemeresek gimana gitu.



Cancer (21 Juni – 22 Juli)



Mellow adalah ekspresi emosional paling umum dari Cancer yang PMS. Seringkali mereka ngerasa kurang cantik, kurang disayang, kurang berharga, pokoknya insecure terus. Lagu yang nggak sedih-sedih amat pun bisa bikin mereka nangis tersedu-sedu.



Cara ngatasinnya:

Tatap dia dengan sayang, ucapin kata-kata yang ngebesarin hatinya, dan jangan bosen ngejawab pertanyaan insecure-nya yang mungkin berulang-ulang.



Leo (23 Juli – 22 Agustus)



Kita       : Baju lo kok kayak nggak matching ya hari ini?

Leowati: MAKSUD LOE ???!!!! GUE NGGAK PUNYA SELERA, GITU???!!!



Begitulah kira-kira ekspresi kaum Leo yang PMS. Seperti Aries – sodara seapinya – doi pun jadi gampang meledak, terutama kalau disenggol kebanggaannya.  



Cara ngatasinnya:

Banyak dipuji aja, biasanya Leo senang. Kalau mau ngritik, sebaiknya jangan di musim PMS.



Virgo (23 Agustus – 22 September)



Pas nggak PMS aja Virgo udah perfeksionis. Apalagi menjelang datang bulan. Di era itu, biasanya mereka jadi lebih banyak ngritik. Mungkin mereka juga akan ngerewelin hal-hal yang menurut kita sebenernya nggak penting.



Cara ngatasinnya:

Sebisa mungkin ngejaga keteraturan. Ketika mereka ngomel, dengerin aja tanpa diambil hati. Kalau kita bosen, seenggaknya pura-pura ngedengerinlah … hehe …



Libra ( 23 September – 22 Oktober)



Ketika emosinya kacau balau akibat PMS, Libra bisa menghilang tiba-tiba. Mereka sadar ngejaga citra. Jadi, mereka nggak mau kekacauan mood mereka di kala itu, ngerusak pandangan orang tentang mereka. Biasanya sih yang ketimpa cranky-nya orang-orang deket mereka: pacar, sahabat, keluarga …



Cara ngatasinnya:

Untuk publik: nggak usah nyari. Tunggu aja sampe mereka muncul sendiri. Untuk orang deket: samalah kira-kira kayak nge-treat Gemini.



Scorpio (23 Oktober – 22 November)



Ketika PMS, keposesifan Scorpio semakin menjadi. Mereka akan minta lebih banyak diperatiin dan insecure ketika orang deketnya tampak lebih nyaman bareng orang lain.



Cara ngatasinnya:

Fokuslah – atau seenggaknya tunjukin effort untuk fokus – ke mereka. Kalau Scorpio ini pacar kamu, di era PMS, jangan banyak cerita tentang cewek lain yang bikin kamu senang dan nyaman. Bisa dicecer abis lho kamu ...



Sagitarius (23 November – 22 Desember)



Sagitarius adalah salah satu sodiak yang biasanya paling blak-blakan. Ketika PMS, dia jadi semakin blak-blakan dan nggak jarang kata-katanya nyakitin perasaan orang lain. Sagitarius juga jadi lebih nggak sabaran di era ini.



Cara ngatasinnya:

Sama seperti nge-treat Aries, jangan diambil hati. Kalau nggak tahan, melipir aja dulu. Setelah masa PMS berlalu, kaum Sagitarius ini bakal lucu lagi, kok.  



Capricorn (23 Desember – 20 Januari)



Pada masa PMS, para Capricorn biasanya jadi lebih “gelap” ngeliat dunia. Mereka semakin pesimis dan lebih gampang depresi. Karena Capricorn karakternya kuat, orang-orang di sekitarnya suka kebawa mood gelapnya.



Cara ngatasinnya:

Kecerahan kita harus ngalahin gelapnya. Kalau nggak, kita harus punya solusi-solusi logis untuk kekhawatiran-kekhawatirannya.



Aquarius (21 Januari – 19 Februari)



Sesungguhnya sodiak yang satu ini nggak terlalu emosional. Kayaknya sih nggak ada lonjakan emosi yang terlalu ekstrim ketika mereka PMS. Mungkin mereka bakal ngelakuin hal-hal aneh tak terduga … tapi … bukankah nggak usah PMS aja mereka udah sering ngelakuin hal-hal nggak terduga?



Cara ngatasinnya:

Ya sudahlah ya …



Pisces (20 Februari – 20 Maret)



Sebaliknya Aquarius, Pisces ini emosional banget. Nggak PMS pun suka kayak orang PMS. Sebagai sodiak bungsu, dia punya seiprit sifat dari kesebelas sodiak sebelumnya. Jadi ketika PMS, emosi mereka cukup meriah. Insecure-nya ada, gampang marahnya ada, pesimisnya ada, pokoknya paket lengkap, deh.



Cara ngatasinnya:

Baca kembali kesebelas kategori sebelumnya, terutama bagian “cara ngatasin”.



Gimana? Cociks nggak? Kalau artikel ini berasa kurang pas sama kenyataan yang ada, coba main ke http://astrology.about.com/library/bl_freeAstrochart.htm. Bikin chart sodiak kamu sendiri, dan liat di mana posisi bulan kamu. Kenapa? Karena sesungguhnya, posisi bulanlah yang paling besar pengaruhnya sama emosi seseorang. Gaya PMS kamu mungkin banget lebih sesuai sama sodiak yang ditangkringin sama si bulan. Kan namanya juga datang bulan … ehehehe …



Ya udah, deh, segitu dulu. Zombi akan menutup artikel ini dengan segebrus teka-teki:



PMS, PMS apa yang bisa ngonduct orkestra? Addie PMS.







Comments