Ramai-rama Urbanirasi - Th!ngs Magazine edisi Urban

Zodiak Gembira yang merupakan kolaborasi Sundea dengan ilustrator Rukmunal Hakim mengisi rubrik constellation di Th!ngs Magazine.







Jadi ceritanya, kita semua tinggal di sebuah dusun berbentuk bintang yang namanya “Dusun Constellation”.  Karena dusun udah sesek dan kita harus berkembang, muncul imbauan untuk berurbanirasi (iya, urbani-rasi, bukan urbani-sasi).  

Dari antara berbagai kota besar yang ada di Indonesia, coba lihat ke kota mana kamu dirujuk berurbanirasi …



Aries dianjurkan berurbanirasi ke Medan

Kenapa?

Karena Medan punya karakteristik yang mirip-mirip Aries. Makanannya cenderung “spicy”. Orang-orangnya asertif, berani, gesit, dan kadang terkesan agak keras. Kota Medan ini juga cukup luas untuk memuaskan hasrat bertualang para Aries.  Dan kata “medan” sendiri identik dengan pertempuran atau lapangan yang penuh tantangan. Representatif banget sama Mars, dewa perang yang jadi dewa pelindungnya Aries ;)

Taurus dianjurkan berurbanirasi ke Padang

Kenapa?

Karena Padang cantik, nyaman, sekaligus konservatif. Sebagai rasi yang dikuasai Venus – planet seni, cinta, keindahan – buat Taurus, “enak diliat” itu penting adanya. Nyaman pun penting karena Taurus punya panca indera yang tajam. Terus, ketika udah kukuh sama satu kebiasaan atau tradisi, Taurus susah bergeser. Makanya kota konservatif dengan karakter masyarakat berprinsip kuat ini, masuk banget buat Taurus.



Gemini dianjurkan berurbanirasi ke Manado

Kenapa?

Karena karakter masyarakat Manado agak sebelas dua belas sama para Gemini. Umumnya orang-orang Manado ini anget, riang, terbuka, dan happy-go-lucky. Merka juga suka sosialisasi dan bersenang-senang. Konon, kakak-kakak dan abang-abang dari Manado ini pun cantik-cantik dan ganteng-ganteng. Gemini-Gemini yang flirty dan hobi ngeceng keliatannya pada betah tinggal di sana. 

Cancer disarankan berurbanirasi ke Malang

Kenapa?

Malang adalah kota yang sejuk dan damai, sesuai untuk Cancer yang memang butuh ketentraman dan nggak terlalu suka gejolak. Kota ini cocok untuk ngebangun rumah yang teduh, dan tinggal tenang-tenang bersama keluarga. Malang juga dikenal sebagai Kota Pendidikan. Jadi kaum Cancer yang pengasih dan pengasuh nggak perlu khawatir, anak-anaknya bakal tumbuh di lingkungan belajar-mengajar yang cukup kondusif ;)

Leo disarankan berurbanirasi ke Jakarta

Kenapa?

Diliat dari sisi manapun, nggak ada yang lebih cocok berurbanirasi ke Jakarta daripada para Leo. Jakarta adalah ibu kota. Pas banget sama Leo yang selalu seneng jadi pusat. Dunia hiburan dan selebritis juga di sana gudangnya, sesuai sama Leo yang seneng spotlight dan entertainment. Kultur masyarakatnya yang suka tantangan, agak keras, mau serba cepet, dan gemerlap, juga Leo banget.

Virgo disarankan berurbanirasi ke Pekanbaru

Kenapa?

Bukan cuma satu kali Pekanbaru dapet gelar sebagai kota terbersih di Indonesia. Kota ini punya sistem penyediaan air bersih dan pengolahan sampah yang ok banget. Nah. Salah satu karakter Virgo yang cukup umum kan perfeksionis dan bersihan. Jadi, nuansa kerapian dan kebersihan Pekanbaru ini kayaknya bisa bikin kaum Virgo ngerasa tentram dan nyaman.   

Libra dianjurkan berurbanirasi ke Bandung

Kenapa?

Umumnya, orang-orang Libra artsy, gaul, dan trendy. Mirip sama karakteristik orang-orang Bandung yang hipster-hipster nyeni. Hawa Bandung yang relatif adem bikin iklim kota ini jadi santai, bahkan sedikit moody. Ini juga kurang lebih mirip sama karakter Libra. Sebagai rasi yang unsurnya angin, kaum timbangan ini cenderung nggak suka konflik, santai, dan kadang ada mood-mood-annya.

Scorpio dianjurkan berurbanirasi ke Makassar

Kenapa?

Untuk kaum Scorpio penyuka eksotisme, Makassar yang cantik, anget, dan terletak di deket pantai, tampaknya cukup pas. Kota ini maju dan metropolis. Karakteristik masyarakatnya berani, punya pride yang tinggi, sekaligus pinter berstrategi; ini mirip-mirip dengan karakter kaum Scorpio. Btw, banyak lho orang hebat yang berasal dari Makassar. Salah satunya wakil presiden kita Pak Jusuf Kalla.  

Sagitarius disarankan berurbanirasi ke Denpasar

Kenapa?

Nilai-nilai kebebasan, spiritualitas, dan filosofis yang berkembang di Bali, pas banget sama nilai-nilai yang dijunjung kaum Sagitarius pada umumnya. Kesenian Bali pun bisa diapresiasi dengan sehat sama the archers ini. Selain itu, orang-orang dari berbagai kultur dan bangsa yang dateng ke Denpasar bisa memenuhi hobi para Sagitarius untuk bertukar kebudayaan, bahkan ngebuka kesempatan traveling ke tempat-tempat baru.

Capricorn disarankan berurbanirasi ke Surabaya

Kenapa?

Seperti yang kita udah sama-sama tahu, para Capricorn ini suka sama struktur dan keteraturan. Surabaya adalah kota yang sangat terstruktur dan teratur. Secara fisik dia mirip Jakarta, tapi minus kemacetan dan ke-chaos-annya. Masyarakatnya yang lugas-lugas pejuang dan walikotanya yang tegas-tegas disiplin juga pas banget sama karakter Capricorn.

Aquarius disarankan berurbanirasi ke Yogyakarta

Kenapa?

Aquarius yang cenderung nyeleneh, pas banget dengan kota eksentrik ini. Pendekatan seni dan kreativitas yang dipake masyarakat kota ini untuk mengkritisi masalah-masalah sosial-kemanusiaan, masuk banget buat kaum Aquarius. Anyway, ritme kota ini nyantai sekali. Cociks buat Aquarius – rasi dengan unsur angin – yang bawaannya juga kalem-kalem santai.

Pisces disarankan berurbanirasi ke Ambon

Kenapa?

Ambon adalah kota yang cantik dan tenang, cocok dengan kaum Pisces yang insecure di lingkungan yang penuh tekanan. Musik juga jadi bagian yang deket dengan keseharian masyarakat Ambon. Ini bisa sehat buat kaum Pisces yang biasanya nyalurin kesensitifannya lewat kesenian, terutama musik. Selain itu, ikan – yang jadi lambangnya Pisces – di Ambon katanya enak-enak, lho.


###

Nah. Sekarang, silakan kosongkan Dusun Constellation dan ramai-ramai berurbanirasi ke kota yang disarankan. Buat yang belum punya jodoh, di kota yang baru itu, niscaya kamu bakal ketemu pasangan yang paling serasi buat kamu. Se-rasi. Rasinya sama maksudnya :p

Udah, ah, garing. Namanya juga “Zombi datang Semua Senang” kan ya? Iya nggak? Hehehe ..

Eh … tapi … kalian sebenernya senang nggak, sih?

Zodiak Gembira

Zodiak Gembira alias Zombi adalah dukun Sundea dan jin Rukmunal Hakim. Yang satu penulis, yang satu lagi ilustator. Yang satu Gemini, yang satu Sagitarius. Keduanya menerjemahkan zodiak dengan cara yang personal dan gembira. Maksudnya apa? Langsung aja main ke zodiakgembira.tumblr.com atau follow twitter Zombi di @zodiakgembira. Mau karakter zodiakmu dibaca secara personal dan gembira? Sini pesen ke Zombi ;)
Kunjungi Hakim di http://instagram.com/r_hakim dan Sundea di http://www.salamatahari.com/

Comments