Ra(ha)si(a) Dunia Baka - Th!ngs Horror Issue

Zodiak Gembira yang merupakan kolaborasi Sundea dengan ilustrator Rukmunal Hakim mengisi rubrik constellation di Th!ngs Magazine.



Ketika melarung abu salah seorang kerabat yang berpulang beberapa waktu yang lalu, tahu-tahu Zombi terpikir.

Ke mana roh setelah tubuh memberinya kebebasan berkelana …?

Zombi lalu mencoba mereka-reka bagaimana dan ke mana kira-kira setiap orang menghantu. Berdasarkan zodiak tentunya.

Ngomong-ngomong, supaya artikel ini tidak terlalu mencekam, ada bonus teka-teki garing di setiap kategori. Kan biar tetap “Zombi datang semua senang”.



Hantu Aries

Setelah menghantu, tidak bertubuh, dan tak punya adrenalin lagi, bukan berarti Aries tak lagi suka tantangan. Dengan masuk ke raga manusia dan membuat manusia kesurupan, Aries tertantang berperang menghadapi orang-orang yang berusaha mengusirnya.

Siapa yang kesurupan tapi bukan karena hantu? Penyanyi acappela. Soalnya mereka kan kalau nyanyi “surup subidu … surup subidu …”   

Hantu Taurus

Kita mengenal Taurus karena natural, konsisten, dan persistent.  Jadi ketika menghantu, mereka pun akan mencari tempat yang natural, menetap, dan kokoh. Pohon adalah pilihan paling pas. Maka jadilah Taurus hantu penunggu pohon, setia menjaga kelestarian alam bersama penyanyi dan aktivis lingkungan Ully Sigar Rusady.

Pohon, pohon apa yang bikin orang-orang jadi olaharga? Pohon yang adalah singkatan dari “Pekan Holahraga Nasional”.

Hantu Gemini

Sesuai hakikatnya sebagai anak kembar, Gemini menjadi hantu yang suka “mengembari” sosok manusia hidup yang kita kenal. Pernah nggak kamu merasa melihat seseorang  yang kamu kenal, tapi tidak merespon ketika kamu panggil? Biasanya kalau kamu sedang main bersama teman-teman ke gunung-gunung …

Kembar, kembar apa yang nggak mirip? Ya kembar yang memang kebetulan nggak mirip aja …

Hantu Cancer

Cancer adalah rasi yang paling sayang keluarga. Ketika menghantu, sepertinya mereka akan tetap tinggal di sekitar keluarganya, dan menjaga mereka dari marabahaya. Ketika ada orang yang berniat jahat sama keluarganya … hantu Cancer turun tangan menakut-nakuti atau menghalangi.

Keluarga, keluarga apa yang selalu nggak ngenakin? Keluar ga asiknya …

Hantu Leo

Leo yang semasa hidupnya selalu pengen eksis, tetap pengen eksis, dong, meski sudah menghantu. Hantu Leo adalah hantu-hantu yang paling sering melakukan penampakan, terutama jika dalam penampakannya, mereka bisa muncul di acara-acara televisi dengan rating menggembirakan.

Senam, senam apa yang bikin orang merinding? Senampakan hantu Leo …

Hantu Virgo

Para Virgo senang berada di rumah, perfeksionis, tetapi sederhana. Mereka juga sangat menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Hantu Virgo adalah hantu yang tinggal di rumah-rumah dan selalu mengenakan baju panjang putih bersih. Mereka sangat klasik, tidak tampil berlebihan, tapi selalu bersih sempurna.

Kenapa hantu Virgo bajunya paling putih? Karena cuma ibunya hantu Virgo yang selalu pakai B**c**n.

Hantu Libra

Libra mengutamakan keseimbangan dan win win solution. Mereka nggak mau mengganggu atau bikin rugi siapa-siapa, tapi mereka pun nggak mau diganggu atau dibikin rugi. Hantu Libra hadir di tengah manusia sebagai penyeimbang dunia fana dan baka. Mereka tipe hantu yang nggak mengganggu selama nggak diganggu.

Ketika kondisi seimbang mulai bergolak, istilahnya apa? Kondisi seambing.

Hantu Scorpio

Dari antara dua belas rasi yang ada, Scorpio adalah rasi yang paling seksi-seksi sensual. Ketika menghantu, mereka direpresentasikan oleh film-film horor yang populer di nusantara ini. Misalnya, mereka menjelma jadi cewek-cewek seksi yang mencegat orang di pinggir-pinggir jalan pada malam hari, kemudian … GRAUKKK.

Hantu Susana yang semakin mendekat, namanya berubah jadi siapa? Hantu Susini. Kan sana kata tunjuk jauh, sini kata tunjuk dekat.


Hantu Sagitarius

Secara umum, kita mengenal Sagitarius sebagai sosok yang cinta kebebasan, suka jalan-jalan, dan senang berdiskusi. Jelangkung adalah hantu yang cukup mewakili mereka. Selain karena tagline populernya, “datang tak dijemput, pulang tak diantar”, manusia seringkali memanggil Jelangkung untuk bertanya tentang macam-macam hal.

Sayur, sayur apa yang paling horor? Cah Jelangkung. 

Hantu Capricorn

Capricorn adalah rasi yang paling realistis. Ketika sudah menjadi hantu pun, kerealistisan itu tampaknya tetap dipertahankan. Mereka akan bergentayangan menghantui pikiran-pikiran manusia. Memberi gambaran menakutkan mengenai masa depan, himpitan ekonomi, jodoh, masa lalu, dan segala ketakutan realistis lainnya. Tampaknya, justru ini hantu yang paling mengerikan.

Hantu Capricorn yang kerja di PLN disebutnya hantu apa hayo? Hantu realistrik.  

Hantu Aquarius

Nyeleneh dan science fiction adalah dua hal yang agak akrab dengan Aquarius. Maka Ketika menghantu, Aquarius mungkin akan menjelma menjadi semacam alien. Jadi, jika pada suatu hari kamu tiba-tiba merasa melihat UFO misalnya … jangan salah … siapa tahu itu sesungguhnya adalah hantu Aquarius.

Apa tempat rekreasi tradisional di Bandung yang isinya alien? Saung Angklung Mang UFO.

Hantu Pisces

Sejak masih hidup sebagai manusia, Pisces sudah cukup sensitif merasakan apa saja, termasuk dunia super natural. Maka, ketika tiba saatnya untuk menghantu, mereka tidak akan kagok lagi. Mereka cukup fleksibel menjadi hantu apa saja dan di mana saja, karena sejak hidup mereka sudah menjalin keakraban dengan makhluk-makhluk di dunia baka.

Apa gorengan yang isinya hantunya udang dan sayur? Baka-baka (versi klenik dari bala-bala).

###

Abu kerabat Zombi yang dilarung di laut, berenang entah sampai ke mana. Tetapi rohnya berkelana lebih jauh lagi. Zombi mendoakannya, karena doa yang tak terbatas tubuh dapat berkelana sama jauhnya dengan roh.

Saat itu Zombi menyadari sesuatu yang membuat dunia kematian jadi tak sedemikian mencekamnya.

Keseimbangan menghadiahkan hidup kepada kematian, dan menghadiahkan mati kepada kehidupan.

Zodiak Gembira
Zodiak Gembira alias Zombi adalah dukun Sundea dan jin Rukmunal Hakim. Yang satu penulis, yang satu lagi ilustator. Yang satu Gemini, yang satu Sagitarius. Keduanya menerjemahkan zodiak dengan cara yang personal dan gembira. Maksudnya apa? Langsung aja main ke zodiakgembira.tumblr.com atau follow twitter Zombi di @zodiakgembira. Mau karakter zodiakmu dibaca secara personal dan gembira? Sini pesen ke Zombi ;)



Comments