Ladder-ship of Leader-ship (Through the Eyes of Zombi) -Th!ngs Magazine edisi Independence Day

Zodiak Gembira yang merupakan kolaborasi Sundea dengan ilustrator Rukmunal Hakim mengisi rubrik constellation di Th!ngs Magazine.



Meskipun nggak semua karakter zodiak secara natural berbakat memimpin, asal tau tips and trick-nya, siapapun bisa berdiri sebagai pemimpin.

Ini tangga leadership versi Zodiak Gembira alias Zombi. Mulai dari yang karakternya paling “bos” sampai yang paling “sob”. Kamu ada di urutan ke berapa …?



1.       Capricorn Si Penyusun Sistem
+  
Para Capricorn biasanya cool-cool ambisius. Mereka pinter nyusun sistem, tangguh, pekerja keras, bisa diandelin, tegas, dan bisa misahin kerjaan dari hal-hal yang sifatnya personal.
-
Meskipun bagus dan teratur, biasanya aturan yang dibikin para Capricorn agak kaku.
J
Kalau lenturan dikit kayaknya lebih ok. Dalam memimpin, ada hal yang perlu dipertimbangin selain sekedar keteraturan.

2.       Leo Si Raja Hutan
+
Seperti Singa Si Raja Hutan, para Leo punya kharisma dan wibawa yang bikin orang segen, sekaligus keterampilan bersosialisasi. Mereka tipe orang yang protektif, providing, tegas, berani, dan nggak ragu-ragu dalam mengambil tindakan.
-
Kalau meledak kadang-kadang nggak kekontrol. 
J
Coba, deh, latihan ngendaliin emosi. Rutin meditasi, yoga, atau sekedar tarik nafas panjang kalo mau meledak, mungkin bakal ngebantu.

3.       Taurus Si Perencana
+
Biasanya orang-orang Taurus ini idealis. Mereka punya komitmen yang kuat, nggak gampang nyerah, pekerja keras, logis-realistis, dan langkah-langkahnya jelas terencana.
-
Agak keras kepala dan tipe pemimpin yang “just do it with my rule”.
J
Sekali-sekali ngedengerin orang lain ada baiknya, lho. Apa yang kamu pikirin memang biasanya bener. Tapi cara berpikir orang lain juga belum tentu juga salah.

4.       Aries Si Pelopor
+
Di chart zodiak, Aries ini rasi pertama. Sesuai posisinya , banyak orang Aries yang jadi pelopor di macem-macem bidang.                 Begitu punya ide mereka jarang mikir lama-lama. Langsung dieksekusi tanpa ribet mikirin risiko. Biasanya nginspirasi orang-orang yang mereka pimpin.
-
Impulsif dan susah ngelarin kerjaan yang butuh ketekunan.
J
Lebih cocok mimpin kerjaan-kerjaan yang sifatnya lapangan, dinamis, dan penuh tantangan.

5.       Libra Si Diplomatis
+
Sesuai lambangnya yang timbangan, keadilan dan keseimbangan adalah hal penting buat kaum Libra. Makanya umumnya mereka diplomatis, obyektif, dan bisa mimpin tanpa mendominasi.
-
Kebanyakan bertimbang bikin Libra suka agak susah ngambil keputusan. Sebagai rasi yang unsurnya angin pun Libra kadang-kadang agak mood-moodan.
J
Bikin list untung-rugi mungkin bisa ngebantu. Atasin mood dengan ngelarin kerjaan jauh sebelum deadline.

6.       Aquarius Si Pembawa Pengaruh
+
Orang-orang Aquarius ini biasanya cara berpikirnya suka nyeleneh. Merka umumnya nggak terlalu banyak ngomong, tapi berpengaruh banget di lingkungannya. Pinter berjejaring dan pengamat sosial yang baik.
-
Berpengaruh, sih, tapi sebagai pemimpin kadang-kadang susah ditebak dan diikutin mau ke mana langkahnya.
J
Sebaiknya cari partner yang bisa nerjemahin pemikiran-pemikiran ajaibnya ke dalem sistem, biar bisa dijalanin.

7.       Cancer Si Pengasuh
+
Mau laki-laki atau pun perempuan, umumnya orang-orang Cancer ada keibuannya. Mereka seneng ngasuh, ngerawat, sabar, perhatian, dan penyayang. Sangat attach sama orang-orang yang mereka pimpin.
-
Agak emosional. Susah misahin antara kerjaan dan yang personal.
J
Kalau perasan udah main ketika mimpin, mundur sebentar. Nangis kalau perlu biar lega. Setelah agak berjarak, baru kaji ulang masalah yang kamu hadepin.



8.       Scorpio Si Penyusun Strategi
+
Dikuasain planet Mars dan Pluto sekaligus, bikin para Scorpio jadi orang yang berani ngegali hal-hal yang tersembunyi. Mereka pinter nyusun strategi, dan jago ngebaca psikologi orang-orang yang dia pimpin.
-
Berpotensi obsesif.
J
Kalau ngerasa emosi kamu mulai keganggu saat mimpin, gali lebih jauh diri kamu sendiri untuk nemuin bagian yang lebih murni dan bijaksana.

9.       Sagitarius Si Filosofis
+
Orang-orang Sagitarius biasanya tertarik sama filosofi dan budaya. Itu sebabnya sebagai pemimpin mereka berpandangan luas dan aturan-aturannya jarang kaku. Mereka juga optimis dan penuh semangat.
-
Kebebasan berpikir kadang bikin mereka susah terikat apapun, terutama sistem.
J
Sebenernya para Sagitarius ini lebih cocok jadi penasehat daripada pemimpin dalam sebuah sistem.

10.   Gemini Si Dua Muka
+
Para Gemini ini biasanya terampil bersosialisasi dan berkomunikasi. Mereka cepet ngumpulin informasi dan cepet nge-share-nya lagi. Sebagai pemimpin biasanya friendly, menyenangkan, dan idenya kreatif-kreatif.
-
Seperti anak kembar, Gemini punya “dua muka”. Fokusnya gampang teralih dan mood-nya cepet switch.

J
Sebaiknya Gemini punya tim yang baik, yang bisa ngegiring dia “kembali ke rel” kalau mulai ilang arah.

11.   Virgo Si Perfeksionis
+
Umumnya kaum Virgo adalah orang yang kritis, detail, teratur, setia sama komitmen, dan perfeksionis.
-
Ngeliat sesuatu terlalu detail, kadang bikin Virgo ngelupain hal-hal yang lebih besar. Tipe penolong yag bisa diandelin, tapi suka kurang percaya diri kalau harus mimpin banyak orang.
J
Virgo butuh partner yang ngedorong dia untuk lebih yakin sama dirinya sendiri, terutama untuk mimpin orang banyak.

12.   Pisces Si Empatik
+
Karena berperasaan halus, Pisces gampang mahamin perasaan orang lain, termasuk orang-orang yang dia pimpin. Tipe orang yang imajinatif dan intuitif.
-
Sensitif dan ntuitifnya juga seringkali susah diikutin sama orang-orang yang dipimpin.
J
Kalau Pisces jadi pemimpin, sebaiknya dari awal ada aturan yang jelas yang bisa dijadiin patokan. Tim kerjanya juga harus bikin Pisces ngerasa aman dan dicintai.

***
Kira-kira begitu, Temen-temen. Sebenernya kalau mau lebih tepat, karakter kepemimpinan seseorang tuh personal banget, harus diliat berdasarkan seluruh aspek yang ada di chart zodiaknya. Selengkapnya bisa diliat-liat di zodiakgembira.tumblr.com

Selain itu tim kerja yang bagus, bidang yang tepat, dan hati nurani yang bersih juga punya peran yang sangat besar dalam perjalanan kepemimpin.

Semoga artikel sorak-sorak bergembira ini bisa mencerahkan kita semua. Kan Zombi datang, semua senang.

Akhir kata, selamat menikmati hari ini, ya. Semoga keajaiban semesta selalu menyertaimu :D

Zodiak Gembira

Zodiak Gembira alias Zombi adalah dukun Sundea dan jin Rukmunal Hakim. Yang satu penulis, yang satu lagi ilustator. Yang satu Gemini, yang satu Sagitarius. Keduanya menerjemahkan zodiak dengan cara yang personal dan gembira. Maksudnya apa? Langsung aja main ke zodiakgembira.tumblr.com atau follow twitter Zombi di @zodiakgembira. Mau karakter zodiakmu dibaca secara personal dan gembira? Sini pesen ke Zombi ;)
Kunjungi Hakim di http://instagram.com/r_hakim dan Sundea di www.salamatahari.com


 


Comments