#Nyubrol Belajar Membaca Zodiak dan Nulis Kreatif kepada Sundea “Salamatahari”

Nyunyu.com 20 Agustus 2013. Link aslinya ini

====================

 

Untuk yang suka menulis dan membaca, Nyubrol kali ini penting banget untuk kamu. Kami menghadirkan seorang kakak cantik asal Bandung yang gemar banget menulis dan berbagi cerita. Bahkan dia sudah mulai rajin menulis sejak umur lima tahun.

Nah, cewek bernama Sundea atau akrab disapa Dea ini sekarang juga menjajakan kemampuannya dalam membaca karakter seseorang berdasarkan zodiaknya lewat akun @ZodiakGembira yang disingkatnya menjadi Zombi. Kepada kami, Dea berbagi cerita tentang dirinya. Pastinya, Dea juga berbagi tips tentang menulis dan bagaimana caranya membaca zodiak. Penasaran? Yuk langsung kita bahas...

Kenalkan dong, Sundea itu siapa sih? Namanya kok unik banget, kayak nama es krim dan nama hari dalam bahasa Inggris dan ada ‘matahari’ di situ. Wah, namanya menyenangkan semua.

Sundea ini cewek biasa. Dia suka bermain-main dan berusaha selalu bahagia supaya bisa membagi kebahagiaan itu ke sebanyak mungkin orang seumur hidupnya.

Nama "Sundea" ini dikasih sama sahabat Dea, almarhum Norvan “Pecandupagi” yang juga ilustrator buku pertama Dea, judulnya Salamatahari 1. Kata dia Sundea emang punya tiga arti, yaitu: Dea matahari, es krim Sundae, dan hari Minggu. Kenapa dia ngasih nama gitu? Nggak tau. Tiba-tiba aja. Anaknya rada random. Zodiaknya Aquarius juga, sama kayak Nyunyu. Hahaha.

Selidik punya selidik, Sundea itu gemar menulis yah, dan banyak menerbitkan cerita yang unik, renyah, dan otentik. Sejak kapan memulai menulis, apa sih yang membuat lo doyan banget menulis?

Dea mulai nulis dari sekitar umur lima tahun. Waktu itu Dea suka bikin komik-komik nggak penting dan cerita kecil yang ilustrasinya Dea bikin sendiri. Awalnya Dea suka nulis karena suka bercerita aja. Tapi ke sini-sini Dea sadar kalo nulis emang destiny Dea. Apa pun yang Dea kerjain, muaranya selalu ke teks. Teks kenal maka teks sayang! *halah

 

Ceritain juga dong tentang Salamatahari, blog itukan isinya tentang cerita-cerita kecil dan tak kadang remeh tapi bisa menarik serta inspiratif banget. Cerita-cerita itu biasanya didapat dari mana sih? dan hal-hal apa yang paling senang lo tulis?

Buset dah pertanyaannya berendeng gini ... coba kita jawab satu-satu ya ...

Salamatahari itu sendiri sebenernya "brand" (kalo bisa dibilang begitu) dari gaya tulisan Dea. Salamatahari artinya salam yang hangat seperti matahari, salam untuk mata-mata yang membaca hari, dan ucapan salamat untuk setiap hari. Isinya tulisan-tulisan kecil yang... susah dijelasin persisnya, makanya ada www.salamatahari.com untuk ngasih tunjuk bentuknya Hehehe.

Nah. www.salamatahari.com sendiri adalah zine-zine-an online yang terbit setiap bulan, jumlah posting-nya random, tapi selalu bertema. Ini proyek solo nirlaba. Dea yang terbuka untuk bentuk kolaborasi apapun. InsyaAllah www.salamatahari.com bakal jalan terus karena web ini metronom dan jantungnya semua tulisan Dea di manapun. =)

Kalau ditanya ceritanya didapat dari mana, ya dari mana aja. Apa pun bisa inspiratif buat ditulis, kok. Terus... kalo hal apa yang paling seneng Dea tulis ... apa aja juga. Apa pun bisa menarik buat ditulis, yang ngebedain mungkin sudut pandangnya. Kayak apa sudut pandangnya? Liat di www.salamatahari.com. Hehehe ... 

Oya, temen-teman pembaca Nyunyu kan juga banyak yang suka nulis nih. Berbagi tips dong tentang bagaimana agar kita rajin nulis dan tulisan kita bisa menarik.

Pertama-tama banget, kita harus senang sama apa yang mau kita tulis. Kedua, ada semangat untuk membagi apa yang kita suka itu ke orang lain. Ketiga, nulis jangan dijadiin beban.

Intinya kayak menceritakan apa yang kamu suka ke teman aja. Kamu akan berusaha komunikatif dengan sendirinya karena kamu pengin apa yang kamu bagi sampai ke dia, bukan karena secara teknis kamu merasa cerita kamu ke teman harus sesuai kaidah bahasa. Hehehe.

Sekarang tentang twit-twit lo yang kayak gajah miring alias garing itu. Mengapa seorang Sundea bisa menjadi sangat master dalam dunia persilatan plesetan. Apa yang biasa dilakukan untuk mengasah otak hingga bisa seperti itu

Nggak tau. Itu kayak udah otomatis terjadi, Nyu. Percaya, nggak? Dea tidur aja mimpinya plesetan. Pernah juga tanpa sadar Dea tiba-tiba nyanyi-nyanyi mlesetin tulisan di billboard jalanan. Dea baru sadar lagi plesetan pas pacar Dea ketawa-ketawa sambil noyor, "Kok jadi gitu sih lagunya?"

Pernah juga Dea mewawancara seseorang dan otomatis plesetan di sela wawancara. Dea baru sadar pas bikin transkrip,... Untung narasumbernya nggak sadar ... atau sadar tapi nggak protes aja, ya? *mulai ragu*

Usut punya usut, seorang Sundea juga buka praktik ‘perdukunan’ bernama @ZodiakGembira dan buka jasa untuk membaca karakter orang berdasarkan zodiaknya. Ceritain kami dong tentang itu dan apa sih yang bikin Sundea senang mengamati zodiak?

Iya, Dea buka praktik perdukunan, namanya zodiak gembira alias zombi ... Zombi ini membacakan karakter zodiak orang tapi secara personal. Setiap orang sebenarnya terdiri dari lebih dari satu unsur zodiak. Susunannya pun bervariasi.

Zodiak Yunani yang umum kita kenal sekarang ini cuma zodiak berdasarkan posisi matahari. Bingung? Baca lengkapnya di sini: http://zodiakgembira.tumblr.com/tentang

Yang bikin Dea seneng mengamati zodiak adalah karena banyak benarnya, terutama kalau dibacain secara lengkap. Sampai sekarang Dea juga masih takjub kenapa bisa begitu. Buat Dea, pembacaan zodiak bikin Dea lebih mengerti orang lain, diri sendiri, dan tau gimana nge-treat orang lain maupun diri sendiri.

Kasih bocoran dikit dong gimana sih cara membaca zodiak seseorang?

Hmmm. Pertama, setelah dapet tempat, tanggal, dan jam lahir seseorang, Dea bikin chart zodiaknya secara lengkap. Nggak mistis ini, ada programnya. Di chart itu bakal keliatan bagaimana susunan planet di sekitar dia pas dia lahir.

Nah, nanti, berdasarkan chart itu Dea ngumpulin data sebanyak-banyaknya, dan ‘ngeronce’ kayak apa kira-kira karakter orang itu berdasarkan susunan chart zodiaknya. 

Seberapa akurat sih kalau kita melihat orang dari karakter zodiaknya?

Sejauh ini 80% lah kali ya. Banyak yang abis dibacain suka terus curhat soalnya. Hahaha ... biasanya yang curhat pun orang-orang yang belum Dea kenal sebelumnya, jadi bisa dipastikan pas ngebacain mereka Dea nggak subyektif sama sekali. 

Terus bener nggak sih masing-masing zodiak itu punya kecocokan dengan zodiak lainnya? Bener nggak kalau kita mau cari pacar kudu merhatiin kecocokan zodiaknya dengan zodiak kita?

Soal cocok nggak cocok berdasarkan zodiak, faktornya banyak, Nyu. Misalnya gini. Secara umum, perfect match-nya Leo itu Sagitarius. Perfect match-nya Virgo itu Taurus. Tapi nggak selalu tepat, karena seperti yang Dea bilang, tiap orang terdiri dari lebih dari satu unsur zodiak. Posisi bulan, Venus, dan rumah ke-7 nentuin gimana cara orang berelasi di percintaan.

Nyari pacar juga faktornya banyak. Zodiak cuma salah satu faktor. Zodiak gembira sendiri bukan ngerumusin pacar yang cocok banget buat kamu, tapi justru membantu kamu memahami pasangan kamu kalau kamu udah berpasangan, atau memahami gebetan kalau kamu lagi ngegebet orang.

Meskipun ada orang yang compatibility-nya udah bagus dari sananya jadi nggak susah saling ngerti, pada dasarnya nggak ada orang yang 100% cocok, nggak ada juga yang 100% nggak cocok. Nah. Kita perlu ngerti nature pasangan kita (dan nature kita sendiri) supaya bisa ‘menyiasati’ hubungan dan bikin semua senang. Begitulah kira-kira.

Bacain sedikit zodiak Nyunyu dong yang lahir 14 Februari 2012 di Jakarta.

14 Februari? Pasti penuh kasih sayang deh... hehehe ...  Sekilas nih, ya. Nyunyu itu kan Aquarius. Biasanya orang Aquarius itu ada nyentrik-nyentriknya dan punya drive untuk melawan mainstream. Karena unsurnya angin, Nyunyu cinta kebebasan seperti angin dan nggak terlalu bisa diatur dalam sistem yang saklek.

Merkurius Nyunyu di Pisces. Merkurius ini planet yang merepresentasikan komunikasi, dan Pisces rasi yang sensitif dan imajinatif. Jadi secara komunikasi Nyunyu kayaknya sensitif dan imajinatif. Begitulah seiprit tentang Nyunyu dari Zombi. Hehe.

Terakhir, beri pesan-pesan untuk pembaca Nyunyu sekalian...

Pesan? Apa, ya? Salamatahari semogaselaluhangat dan cerah aja, deh ... hehe ...  

Comments