Sunrise Serenade - on Someone Else’s Shoes

buatnyunyu

 

Buat Dea, nulis memoar itu rasanya seperti sengaja dateng telanjang kaki, untuk minjem sepatunya Si Narasumber. Anget kakinya masih nyisa di sepatu. Pasir dan debu yang kebawa dari perjalanannya juga masih nyisa di situ. Meskipun ukuran kaki Si Narasumber nggak sama sama kaki Dea, nemuin cara untuk “standing on someone else’s shoes” – apalagi kalo orangnya inspiratif – adalah permainan peran yang menyenangkan ^_^

Sekitar  dua taunan yang lalu, Gagas Media nawarin Dea nulis memoar Ibu Dian Syarief, penyandang lupus dan pendiri Yayasan Syamsi Dhuha di Bandung. Dea nggak kenal Ibu Dian dan belom pernah nulis memoar. Tapi karena secara intuitif rasanya “baik”, tanpa banyak mikir tawaran itu Dea iya-in.

Ternyata intuisi Dea nggak salah. “Sepatu” Bu Dian menarik sekali. Dia cerita tentang kegiatannya sehari-hari, kisah cintanya sama Pak Eko yang pasti bikin sirik sekaligus terharu banyak orang, dan ketika cerita tentang penyakitnya pun, pancaran energinya tetep positif. Optimismenya adalah harapan yang nguatin banyak orang. Itu yang bikin Dea semakin yakin kalo apa yang “ada di sepatunya” perlu ditulis biar bisa dibagi lebih luas lagi.

Tantangan terberat dari nulis memoar adalah “menyesuaikan ukuran sepatu”. Karena cerita ini ditulis dengan sudut orang pertama – sudut pandang Bu Dian – Dea harus paham persis cara berpikirnya, perasaannya, cara dia ngerespon situasi, bahasa tubuhnya, bahkan gaya bertuturnya. Bagian ini cukup banyak digali dan dibongkar-pasang selama penulisan. Segala cara dilakuin supaya “feel”-nya dapet. Mulai dari baca tulisan Bu Dian, sampai ikut berenang bareng Si Ibu. Tapi seperti yang Dea bilang tadi, “standing on someone else’s shoes” selalu jadi permainan peran yang menyenangkan, apalagi kalo orangnya inspiratif.            

Sekitar bulan April taun lalu, akhirnya Sunrise Serenade terbit. Tepat di Hari Lupus Sedunia, 10 Mei, buku ini diluncurin. Cerita ini juga Dea susun dalem bentuk mixtape yang bisa diunduh di sini  Buat kamu yang pengen tau kira-kira seperti apa ceritanya sebelum beli bukunya, bisa denger mixtape-nya dulu.

Sekarang Dea lagi dalem perjalanan nulis memoar yang lain lagi. Memoar siapa? Hmmm. Ada, deh. Doain aja lancar dan cepet terbit, ya ….

Dea nutup tulisan kecil ini dengan quote klasik yang cukup terkenal, tapi entah siapa yang pertama kali nyetusin:

“You never truly know someone until you’ve walked a mile in her shoes”

Sekian dulu, Temen-temen, sampe ketemu di lain kesempatan.

Salamatahari, semogaselaluhangat dan cerah ^_^

Sundea

www.salamatahari.com

 

ditulis untuk Nyunyu.com. Artikel asli bisa dilihat di sini.

Comments