Makhluk Apakah Itu?





Aroma kentang menelusup dari jendela rumah Mister Potato. Cippy dan Dea yang kebetulan sedang lewat di sana segera berhenti.

“Mister Potato pasti sedang membuat kripik kentang! Kamu sudah pernah mencoba kripik kentangnya, Dea?” tanya Cippy.
Dea menggeleng.
“Kita minta, yuk,” ajak Cippy.

Cippy dan Dea mengintip dari jendela. Tampak Mister Potato tengah mengangkat kentang-kentangnya dari wajan. Kentang-kentang Mister Potato terlihat renyah dan tipis-tipis. Warnanya kekuningan bersalut bumbu. Air liur Cippy dan Dea terbit melihatnya.

Tiba-tiba tatapan Mister Potato menangkap kedua anak itu. “Hei, Cippy, Dea, sedang apa di situ? Ayo masuk,” panggil Mister Potato
Tanpa perlu diminta dua kali, Cippy dan Dea masuk ke dalam rumah Mister Potato.



“Mister Potato, kami boleh minta kentangnya?” tanya Cippy yang matanya tak lepas dari kentang.
“Hahaha … boleh …..tapi tidak sekarang.”
“Tunggu dingin dulu, ya, Mister Potato?” tanya Dea yang tatapannya juga tak dapat berpaling dari tumpukan kentang di meja dapur Mister Potato.
“Tunggu piknik. Kebetulan SMAXVille sedang cerah-cerahnya, jadi aku mau berpiknik asik siang ini. Kalian juga mau ikut?”
“Ya mau, dong!” seru Cippy dan Dea bersamaan.

Cippy pulang sejenak untuk mempersiapkan bekal piknik. Dea ikut ke rumah Cippy. Rencananya Cippy akan membawa kripik Cippy-nya dan nasi uduk. Dea sendiri menyiapkan limun segar, puding, dan tak lupa membawa gitar untuk menyanyi-nyanyi.

Siang itu tim piknik asik adalah Cippy, Mister Potato, Balls Rascal, Ring Rascal, Funkees, dan Dea. Mereka berpiknik di kaki bukit. Tikar segera digelar. Kotak-kotak makanan dibuka dan semua peserta piknik betukar-tukar bekal. Dea sendiri bermain gitar sambil minum limun.

“Hei!” tiba-tiba seseorang berseru dari semak-semak.
Peserta piknik sontak terdiam.
“Jangan ribut. Aku sedang mengintai sesuatu. Mungkin ada penjahat,” ternyata itu adalah Agent X.
“Penjahat apa, sih? Memangnya ada penjahat di SMAXVille?” tanya Funkees sambil menoleh ke kiri dan ke kanan.
“Sssst,” Agent X menunjuk sesuatu yang tampak merayap-rayap di bawah tikar peserta piknik.
Peserta piknik mendadak tegang

Agent X mengendap-endap mendekati tikar. Ketika ia hendak menangkap makhluk tersebut, tiba-tiba makhluk tersebut menyembul keluar sendiri, “Jangan tangkap aku!”
“VEETOS ??” seru semua peserta piknik asik.
“Veetos! Kamu sedang apa, sih? Aku kira kamu penjahat. Bahkan sempat kukira makhluk luar angkasa!” Agent X bertolak pinggang.
“Iya, aku … itu aku … “ makhluk tipis itu tampak bingung menjawab.
“Kamu apa?” tanya Ring Rascal tidak sabar.
“Aku … aku sebetulnya ingin ikut mencicipi kripik kentangnya Mister Potato …” sahut Veetos akhirnya dengan malu-malu.
“Kamu kan tinggal bilang, Veetos,” Mister Potato menyorongkan kotak kripik kentangnya.
“Ya itu. Tapi aku … aku ingin piknik, tapi aku tidak sempat pulang menyiapkan bekal. Jadi aku sembunyi saja di bawah tikar supaya bisa ikut menikmati paling tidak remah-remahnya jika ada yang tercecer …”
“Ya ampuuuuunnnn ….”  seru seluruh peserta piknik asik. Geli dan iba.
“Membawa bekal sendiri itu baik. Tapi bukan itu inti dari piknik, Nak,” kata Mister Potato.
“Iya. Dalam piknik, kita bersenang-senang bersama. Berbagi,” sambung Agent X. “Aku juga tidak membawa bekal. Tapi aku mau ikut piknik dan aku mau mencoba kripik kentang Mister Potato,” ujar Agent X seraya mencomot sekeping kripik.
Veetos tersenyum malu tapi seneng. Ia pun segera bergabung dengan teman-teman yang sedang berpiknik asik.

Siang itu warga SMAXVille berlibur di kaki bukit. Eh tunggu. Berlibur? Hari itu kan bukan Sabtu atau Minggu …

Comments