Kitakita di adalahkita.com

 
 
Karya yang paling dibanggakan?
Salamatahari. Bukunya terbit taun 2006 dan 2009. Zine-zine-an online-nya, www.salamatahari.com, terbit setiap Kamis. Konsep ini seperti pohon dengan banyak ranting. Dia berpengaruh ke hampir semua karya Dea yang lain. 
 
Ide di balik karya tersebut?
Salamatahari sendiri punya tiga arti: salam yang anget seperti matahari, ucapan selamat untuk setiap hari, dan salam dari/untuk mata yang mengamati hari. Awalnya bentuk Salamatahari cuma tulisan-tulisan kecil yang personal dengan gaya bahasa dan imajinasi sebebas-bebasnya. Setelah jadi zine-zine-an online, bentuk-bentuk tulisannya berkembang jadi macem-macem, tapi intinya tetep sama; keseharian, kehangatan, dan personal. Personal juga jadi salah satu konsep utama Salamatahari. Nggak selalu personal berarti ngeliat ke diri sendiri. Sebaliknya, personal bisa berarti ngeliat apa pun di luar kita dengan empati. 
 
Apa yang dibanggakan dari Indonesia?
Indonesia itu negara yang ajaib. Logikanya seringkali nggak biasa. Di Yogya, pekerja pengecoran perunggu milih nggak pake pengaman supaya bisa bersentuhan langsung sama apa yang mereka kerjain. Terus orang Indonesia juga suka percaya sama hal-hal yang nggak keliatan. Cara mereka bertahan idup juga seringkali nggak masuk akal. Menurut Dea itu unik dan bikin Indonesia seperti negeri di buku-buku cerita ... ehehehehe .

http://www.adalahkita.com/

Comments