www.salamatahari.com


Secara singkat, Salamatahari adalah sebuah zine berbentuk postingan blog yang terbit secara online di setiap Kamis. Zine yang pertama kali terbit November 2009 ini dikelola oleh seorang penulis wanita bernama Sundea yang tinggal di Bandung.

"Small things are magical!" begitulah tulis Sundea dalam Salamatahari. Melalui matanya, Sundea menangkap keseharian, melirik hal-hal kecil nan sederhana yang bisa menginspirasi. Dari mulai kisah perjalanan kantong kresek, obrolan anak kecil yang ditemuinya di angkutan umum, ulasan karya seni rupa dan musik, serta wawancara dengan orang-orang yang unik dan memiliki passion besar di bidangnya.

Karena zine ini adalah zine nirlaba dan dikerjakan oleh Sundea seorang, tak ayal jika tulisan-tulisannya sangat personal. Tak jarang juga, Sundea menampilkan cerita-cerita pendek yang imajinatif yang kental dengan nuansa kekanak-kanakan. Salah satu seri yang sering ditayangkan adalah seri cerita Anak Beruang yang berkisah tentang pengalaman-pengalaman seru seorang anak beruang dalam menjalani harinya. Seperti halnya matahari, gaya tutur cerita dan tulisan-tulisan Salamatahari yang santai, sederhana, naum tetap penuh makna ini selalu akan membuat hati kita hangat dan cerah (RR)


-Far Magazine Oktober/November 2011-

Comments